Diposkan pada Essay, Perspective, Recommendation

Tak Kalah Keren, Ini Drama Militer Fenomenal dari Turki

Jika mendengar istilah “drama militer” biasanya orang terpikir akan tokoh utama yang kebanyakan adalah kapten militer tampan lengkap dengan show of force berupa peralatan tempur canggih dan misi rahasia yang mendebarkan. Tapi ternyata Turki juga memiliki drama militer semacam itu dengan jalan cerita dan tokoh utama yang tak kalah kerennya.

Adalah “Soz”, “Savasci”, dan “Al-Sancak”, tiga drama militer terbaru Turki yang akan direview dalam postingan kali ini. Bagi yang belum pernah kepikiran untuk menonton drama militer Turki sebelumnya, ini kesempatanmu untuk mengenal ketiga serial ini lebih lanjut. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Savasci

Sudah tamat di episode 109 dan memiliki 5 season, “Savasci” atau “Warriors” adalah drama militer Turki yang telah ditayangkan sejak tahun 2017 sampai tahun 2021. Tokoh utamanya pun sangat tampan bahkan cenderung mirip dengan Christiano Ronaldo dengan jalan cerita ala drama militer yang penuh misi penting dan, tentunya, adegan tembak-menembak.

Mengisahkan tentang sekelompok pasukan khusus yang ditugaskan kembali sesaat setelah percobaan kudeta yang gagal di Turki pada tahun 2016, “Savasci” sangat layak dijadikan target bingewatching karena selain sudah tamat, episodenya pun banyak (dan panjang, ingat satu episode di drama Turki lamanya kira-kira 2 sampai 3 jam). Kualitasnya juga tak kalah dengan drama militer dari negara lain karena menggunakan teknik perfilman yang cukup bagus. Selain itu, paras menawan tokoh-tokohnya pun jadi nilai plus yang sangat memanjakan mata 🤭 Yang tertarik untuk menonton, bisa klik di sini.

Soz

Sama seperti “Savasci”, “Soz” atau “The Promise” juga tampil di layar kaca Turki pada tahun 2017 dan sudah tamat. Memiliki 3 season dan 84 episode menjadikan “Soz” sebagai sasaran bingewatching yang tepat karena bisa menghabiskan cukup banyak waktu untuk menamatkan semua episodenya yang berakhir pada tahun 2019.

“Soz” menceritakan tentang seorang tentara yang kehilangan kekasih yang baru saja dilamarnya dalam suatu serangan teroris. Ia dan teman-temannya lantas ditunjuk untuk terlibat dalam operasi-operasi militer yang salah satunya menyasar organisasi teroris yang sudah membunuh mantan tunangannya.

Secara keseluruhan, “Soz” terkesan memiliki banyak unsur dramatis. Menyorot kisah cinta sebagai trigger, sinematografinya juga cukup apik bahkan episode pertamanya serasa nonton film yang di-wrap up dengan baik. Tokoh utamanya juga tampan dan kali ini cenderung mirip artis Barat karena berambut cokelat terang yang mengesankan ras Kaukasus. Unsur komedi juga ada disini sehingga meski termasuk drama militer namun juga tidak terlalu tegang karena terdapat banyak elemen yang turut mendukung jalan cerita utamanya. Klik di sini bagi yang ingin nonton.

Al-Sancak

“Al-Sancak” atau “The Hunter” adalah drama militer teranyar buatan televisi pemerintah Turki yang baru tayang pada tahun 2023. Sudah tamat seperti dua drama di atas, peralatan militer dan teknik berperangnya adalah salah satu yang terbaru yang digunakan oleh tentara nasional Turki sehingga menimbulkan daya tarik tersendiri.

Yang menarik, drama ini adalah buatan Mehmet Bozdaq yang sukses besar dengan berbagai drama dan film kolosal Islami seperti “Dirilis Ertugrul“, “Kurulus Osman“, “Mendirman Jaloliddin“, “Mehmetcik Kutul Amare” atau “Turkler Geliyor“. Karena itu diperkirakan bahwa drama militer ini juga cenderung konservatif dengan berbagai nuansa relijius di dalamnya.

Dibuka dengan operasi militer yang sukses di sebuah pulau terpencil untuk menggerebek penjualan senjata ilegal berskala internasional, dari sana operasi-operasi terkait bergulir demi memberantas semua mafia yang merugikan negara Turki. Yang membuat lebih greget, tokoh utama wanitanya di sini menjadi salah satu karakter antagonis dimana harus bertarung menggunakan senjata dengan tokoh utama prianya dari episode satu. Karakter utama laki-lakinya sendiri adalah tipikal pria Turki yang berpenampilan rapi dan cenderung berkepala dingin serta tegas.

Uniknya, ada cukup banyak bermunculan wanita berhijab di drama ini, bukan hanya sebagai warga sipil tapi juga sebagai tentara. Sebagaimana drama-drama buatan Mehmet Bozdaq lainnya, penggambaran adegannya juga smooth termasuk yang romantis sehingga aman untuk ditonton segala umur. Klik di sini buat yang ingin bingewatching drama militer versi baru ini.

Oke, itu dia beberapa rekomendasi drama militer Turki yang layak ditonton termasuk secara maraton. Hati-hati, nonton drama-drama Turki online di atas bisa bikin ketagihan so siapkan waktu dan kuota yang cukup 😁

Buat yang tertarik dengan drama Turki bergenre lainnya, langsung ke sini ya! 😉 Baru pertama kali mengenal drama Turki? Simak rekomendasi drama-drama Turki seru untuk para pemula di sini.

Akhir kata, bagi yang tertarik, selamat menonton, Sobat! 😊

P. S. : Untuk mendapatkan rekomendasi drama keren dari negara-negara lain yang seru buat bingewatching, buruan klik di sini, gaes. Mau nonton film tanpa subscription? Klik di sini 😉

Baca Juga:

Serunya Nonton Drama Turki Online, Simak Rekomendasinya Disini!

4 Drama Turki Ini Mirip Game of Thrones, Sarat Nilai Islami

4 Drama Turki Bersetting Abad Ke-20 yang Kaya Estetika, Highly Recommended

Tak Kalah Seru, 3 Drama Turki Ini Mampu Saingi Serial Barat Terpopuler

Rekomendasi Film Turki Terbaik, Mulai dari Kisah Detektif Mirip Sherlock Holmes hingga Kolosal Epik ala Game of Thrones

Rekomendasi Film Religi Terbaik yang Penuh Inspirasi, Bisa Booster Iman

3 Rekomendasi Drama Religi Terbaik, Cocok Ditonton di Bulan Ramadhan!

Tinggalkan komentar