Posted in Tips

Tips Menghadapi Wabah Flu

Sakit flu memang cukup mengganggu. Dan parahnya, begitu satu orang saja kena flu, maka lingkungan sekitarnya juga akan ikut terkena dampaknya. Orang sekantor, sekelas, sekost atau serumah akan sangat berpotensi untuk terjangkit sakit flu secara bersama-bersama hingga akhirnya menyebabkan terjadinya wabah flu. Lalu adakah cara untuk survive dari wabah flu ini sementara kita harus berada di area tersebut, misalnya di kantor atau sekolah? Simak tips berikut ini!

1. Hindari orang yang sedang flu
Sebisanya hindari mereka yang terserang flu untuk sementara namun tentu saja dengan cara yang wajar dan sopan untuk menghindari resiko tertular yang lebih besar.

2. Mandi keramas tiap kali pulang dari tempat yang berwabah

Tiap kali pulang dari kantor/sekolah/tempat mana saja yang terjangkit wabah flu, segera mandi keramas dengan shampo dan sabun anti-bakteri agar tidak ada kuman yang tersisa di tubuh yang bisa terhirup ketika kita tidur.

3. Cuci atau disinfektan pakaian dari tempat yang terjangkit wabah flu

Segera lepas pakaian yang habis digunakan dari tempat yang berwabah dan masukkan ke bak cuci. Disinfektan dengan cairan anti-kuman jika memang mau dipakai lagi.

4. Disinfektan semua benda yang pernah digunakan saat mengunjungi area yang terjangkit wabah flu

Memang terkesan berlebihan, tapi dengan begini kemungkinan virus flu menyebar dari barang-barang personal Anda dapat dihindari.

5. Makan makanan bergizi

Kalau biasanya makan seadanya, maka saat wabah flu terjadi, korbankan sedikit penghasilan untuk makan makanan bergizi yang kaya akan protein, vitamin, mineral, antioksidan, dan zat-zat bermanfaat lainnya. Daging, telur, tempe, tahu, dan sayuran hijau bisa menjadi pilihan. Usahakan pada masa ini jangan makan makanan instan dan pilih makanan yang dimasak secara alami, baik di warung maupun di restoran terdekat. Dengan demikian, tubuh dapat memiliki cukup amunisi untuk menghadapi serangan virus flu.

6. Makan makanan pedas

Makanan pedas bisa melancarkan tenggorokan yang biasanya sakit karena flu. Selain itu, makanan pedas juga bisa membantu membersihkan hidung melalui ingus yang keluar. Makanan ini biasanya mengandung capsiacin yang juga dapat membantu melawan sakit flu.

7. Makan sup ayam

Sup ayam merupakan menu andalan buat yang sakit flu jadi coba makanan ini sebagai salah satu cara preventif untuk mengatasi flu.

8. Minum jus buah

Pilih jus dari buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin C atau antioksidan untuk mengusir flu seperti apel, jeruk, nanas, anggur merah, pepaya, dll. Dengan demikian maka akan bertambah lagi penghalang untuk sakit flu.

9. Minum yoghurt

Yoghurt termasuk ampuh untuk mencegah sakit flu karena menghambat pertumbuhan virus penyebab penyakit ini, maka selama ada wabah, usahakan minum yogurt.

10. Minum minuman hangat

Minuman hangat seperti teh atau jahe dapat membantu melegakan tenggorokan yang sangat mungkin merupakan salah satu tempat pertama dimana virus flu ini mulai menyerang.

11. Minum madu

Madu asli dapat langsung menghilangkan sakit tenggorokan jika diminum dengan dosis yang cukup banyak hingga dapat meminimalisir kemungkinan sakit flu dan menguatkan daya tahan tubuh, so it is worth a try.

12. Minum susu

Susu mengandung banyak vitamin dan mineral untuk memperkuat daya tahan tubuh, jadi jangan lupakan susu selama wabah flu masih berlangsung.

12. Minum vitamin C dosis tinggi

Vitamin C dapat memperkuat daya tahan tubuh, jadi pada saat wabah ini terjadi, minum suplemen vitamin C berdosis tinggi untuk membantu tubuh mengalahkan penyakit ini.

Demikian beberapa tips sederhana untuk setidaknya meminimalisir kemungkinan terjangkit wabah flu. Semoga bisa membantu semua yang membutuhkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s